nazargowesIPDNBupati Grobogan Sri Sumarni kedatangan tamu seorang pemuda yang baru saja lulus dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Kamis (9/8/2018). Pemuda ini bernama Beryl Pilar Kharismaldie yang beralamat di Desa Klepek, Kecamatan Sukosewu, Bojonegoro, Jawa Timur. Beryl datang ke pendapa Kabupaten Grobogan mengendarai sepeda onta.

Bupati Sri Sumarni tampak senang saat menyambut kedatangan Beryl. Meski saat itu ada agenda lain, namun bupati masih meluangkan waktu untuk menemui Beryl di ruang tamu pendapa.

“Luas biasa ini. Ada anak muda berani bersepeda dari Jatinangor sampai Bojonegoro. Kalau memang ini sudah jadi nazar, memang harus dipenuhi,” katanya.

Dalam kesempatan itu, bupati sempat memberikan pesan-pesan pada Beryl. “Pesan saya, kalau sudah jadi pegawai harus amanah. Dalam melayani masyarakat harus ikhlas dan semangat,” pesannya.

Sementara itu, Beryl menyatakan, perjalannya bersepeda dari kampus IPDN di Jatinangor hingga Bojonegoro dilakukan dalam rangka memenuhi nazarnya. Sebelumnya, ia sempat punya nazar kalau sudah lulus mau pulang pakai sepeda.

Beryl menceritakan, nazarnya ini mengulang kisah ketika saat diterima di IPDN. Saat diterima, ia juga mengayuh sepeda dari rumah hingga Jatinangor.

“Dulu sewaktu diterima juga ngonthel ke Jatinangor. Kali ini mengulang lagi. Perjalanan dari Jatinangor sampai ke Bojonegoro sekitar 555 kilometer,” kata Putra pasangan M Muktar dan Emy Nuri Astuty itu.

Beryl berangkat dari Jatinangor, Sabtu (4/8/2018) pagi. Sepeda yang dipakai memenuhi nazar dibeli di Jatinangor seharga Rp 3 juta. Uang untuk beli sepeda merupakan tabungannya selama beberapa tahun lalu.

Sepanjang perjalanan, anak kedua dari dua bersaudara itu sempat singgah di kantor Gubernur Jateng, Selasa (7/8/2018) kemarin. Beryl beruntung karena saat itu bisa bertemu langsung dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Bahkan, ia sempat ditawari untuk jadi ajudan pribadi Ganjar.

“Kemarin sudah ketemu Pak Gubernur Jateng. Sekarang bertemu Bupati Grobogan untuk minta wejangan,” katanya.