karnaval17an01Pelaksanaan karnaval tingkat PAUD, TK, SD dan SMP dalam rangka memeriahkan HUT ke-73 Kemerdekaan RI berlangsung semarak, Senin (21/8/2018). Totalnya ada 76 lembaga pendidikan yang ambil bagian dalam kegiatan itu. Dari catatan panitia, jumlah peserta karnaval pada hari pertama ini ada 10.850 orang.

Pemberangkatan peserta karnaval dilakukan Bupati Grobogan Sri Sumarni dari depan panggung kehormatan yang berada di depan Kantor BPPKAD. Terlihat pula, Ketua DPRD Agus Siswanto, Dandim Letkol Teguh Cahyahi beserta para pimpinan FKPD lainnya, Sekda Moh Sumarsono serta sejumlah pejabat Pemkab Grobogan.

Bupati dan para pejabat terlihat cukup terhibur dengan acara karnaval itu. Berulangkali, bupati dan pejabat terlihat melambaikan tangan dan memberikan salam pada rombongan peserta yang melintas didepan panggung kehormatan. Sesekali, para pejabat ini juga tampak tertawa ketika melihat tingkah lucu dari peserta karnaval.

Kegembiraan bupati makin bertambah setelah melihat cucunya ada diantara rombongan peserta karnaval tersebut. Yakni, Garneta Ayu Aurelia yang tergabung dalam rombongan SDN 4 Purwodadi.

“Selamat mengikuti karnaval. Hati-hati, ya,” pesan Sri pada cucunya itu saat berhenti sejenak di panggung kehormatan untuk menyamapaikan souvenir.

Acara karnaval yang rutin digelar tiap tahun itu juga disaksikan ribuan warga. Selain itu, ada pula gadis cantik asal Jepang Rio Ogawa (20), yang ikut nonton karnaval di tempat tamu undangan disebelah timur panggung kehormatan. Tiga hari sebelumnya, Rio juga sempat menghadiri upacara bendera di alun-alun Purwodadi.

“Saya senang sekali bisa lihat karnaval. Soalnya, di Jepang tidak ada acara seperti ini,” kata mahasiswi Gakushuin University semester I jurusan International Science and Social Study itu.

Kedatangan Rio di Grobogan adalah sebagai volunteering servise dari organisasi kemanusiaan internasional Dejavato Foundation. kedatangan gadis asal Tokyo ke Grobogan dalam rangka memberikan motivasi pada anak sekolah supaya gemar berbahasa asing.

Sementara itu, Ketua Panitia Karnaval 2018 Mat Suberi menyatakan, pelaksanaan karnaval sesuai rencana akan dilangsungkan selama dua hari. Karnaval berikutnya untuk kelompok SMA, dinas/instansi pemerintahan, dan masyarakat umum yang dijadwalkan hari Selasa, (21/8/2017) .

“Besok masih ada karnaval lagi. Dibandingkan tahun kemarin, peserta karnaval kali ini lebih ramai karena pesertanya tambah banyak,” katanya.