Setelah terbentuk beberapa waktu lalu, pengurus Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Grobogan akhirnya resmi dilantik, Rabu (17/10/2018).

Pelantikan pengurus FORMI Grobogan periode 2018-2023 dilakukan oleh Ketua FORMI Jateng Rakun di pendapa kabupaten. Acara pelantikan dihadiri Asisten II Pemkab Grobogan Ahmadi Widodo, dan perwakilan FKPD.

Ketua FORMI Jateng Rakun menyatakan, FORMI adalah organisasi yang menaungi olahraga rekreasi masyarakat, termasuk didalamnya adalah olahraga tradisional. Kemudian, FORMI juga menaungi olahraga yang berkembang dan eksis di masyarakat. Seperti senam jantung, senam tera Indonesia, PORPI, satria nusantara, senam sehat Indonesia, dan sejenisnya.

“Tugas formi ini membina dan mengembangkan olahraga rekreasi untuk memasalkan olahraga dalam upaya mengembangkan kesadaran bagi masyarakat dalam meningkatkan kesehatan, kebugaran. Dengan keberadaan FORMI ini diharapkan olahraga-olahraga yang ada di masyarakat lebih berkembang terutama olah raga tradisional yang selama ini belum banyak dikenal,” katanya.

Rakun menyatakan, dalam Undang-undang Nomor 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional, organisasi FORMI merupakan wadah olahraga rekreasi masyarakat yang dapat menumbuhkan semangat rekreatif dalam segala bentuk aktivitas masyarakat dan berujung pada terbentuknya mental positif.

“Olahraga rekreasi mempunyai posisi yang strategis dalam pembangunan bangsa. Manfaatnya banyak sekali, sebagai contoh adalah pembangunan karakter, kemudian pengembangan pariwisat.. Intinya, jangan malas untuk berolahraga, bergerak, karena timbulnya penyakit seringkali dari kurangnya kita bergerak atau beraktifitas”, katanya.

Asisten II Pemkab Grobogan Ahmadi Widodo menyatakan, untuk bisa sehat dimulai dari diri sendiri. Maka sesuai dengan semangat FORMI, jika bisa mengajak masyarakat berolahraga bersama-sama tentu akan lebih menyenangkan dan tidak lagi terasa berat.

“Kalau mau olahraga sendiri terkadang terasa berat. Namun, jika dilakukan bersama banyak orang tentu akan lebih menyenangkan. Misalnya, olahraga senam,” imbuhnya.