Setelah membenahi sektor pembangunan infrastruktur, Pemkab Grobogan mulai mengarahkan sasaran pada bidang lainnya. Yakni, masalah penanggulangan kemiskinan.

Hal itu disampaikan Bupati Sri Sumarni, saat launching Gerakan Bersama Pengentasan Kemiskinan (GeBerTasKin) di Desa Lebak, Kecamatan Grobogan, Senin (22/10/2018).

“Seperti diketahui, pada dua tahun terakhir, fokus yang kita tangani adalah perbaikan infrastruktur karena kondisinya sangat mendesak. Baik jalan, jembatan, maupun saluran irigasi hingga ke kawasan pinggiran. Saat, kondisi infrastruktur sudah jauh lebih baik sehingga sebagian perhatian kita arahkan untuk pengentasan kemiskinan,” kata bupati.

Bupati menjelaskan, angka kemiskinan di Grobogan memang mengalami penurunan. Namun, angka kemiskinan itu dinilai masih cukup tinggi. Berdasarkan data dari BPS,pada akhir tahun 2017, angka kemiskinan masih sebesar 13,27 persen.

“Angka ini relatif tinggi karena masih di atas angka kemiskinan provinsi dan nasional. Oleh sebab itu, masalah pengentasan kemiskinan akan jadi salah satu perhatian yang perlu diselesaikan,” ungkap bupati.

Menurut bupati, Salah satu kiat untuk menekan angka kemiskinan adalah meluncurkan GeBerTasKin. Program ini akan menjadi semangat untuk bersinergi antara pemerintah, dunia usaha serta masyarakat. Melalui gerakan ini, semua pihak ikut berpartisipasi dalam mengentaskan kemiskinan di Grobogan.

“Untuk menurunkan kemiskinan tidak bisa dilakukan satu instansi saja. Tapi, saya berharap partisipasi dari semua fihak, untuk bersama-sama, gotong royong, nyengkuyung bareng, ngeroyok bareng, upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Grobogan,” cetusnya.

GeBerTasKin akan difokuskan pada pembinaan dan pemberdayaan UMKM miskin, perbaikan RTLH, penataan lingkungan permukiman kumuh, peningkatan akses sanitasi dan air bersih. Kemudian ada pula pemberian bantuan dan jaminan sosial, serta pemberian beasiswa bagi anak sekolah dari penduduk miskin.

“Saya berharap gerakan ini dapat berjalan secara berkelanjutan sehingga menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Grobogan,” imbuhnya.