Asisten II Pemkab Grobogan Ahmadi Widodo meminta para kepala desa (Kades) agar membuat sebuah perpustakaan didesanya masing-masing. Hal itu disampaikan Ahmadi saat membuka sosialisasi peningkatan kapasitas pengelolaan perpustakaan desa yang dilangsungkan di gedung Riptaloka, Rabu (21/11/2018). Sosialiasi ini dihadiri kepala desa, pengurus perpustakaan desa dan perwakilan karang taruna.

“Saya minta para Kades untuk mengalokasikan sebagian dana pembangunan untuk mendirikan perpustakaan desa. Saat ini, pembangunan perpustakaan bisa dilakukan dengan menggunakan dana desa,” tegasnya.

Acara sosialisasi juga dirangkai dengan penyerahan bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional kepada Pemkab Grobogan. Penyerahan bantuan dilakukan oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah M Masrofi kepada Ahmadi Widodo. Penyerahan bantuan juga dihadiri Ketua Komisi X DPR RI Djoko Udjianto.

Menurut Ahmadi, selain amanat pemerintah, pembuatan perpustakaan desa dinilai punya banyak manfaat positif. Antara lain, bisa jadi tempat warga, khususnya pemuda untuk menambah ilmu pengetahuan.

Disisi lain, adanya perpustakaan bisa jadi salah satu upaya menekan angka kenakalan remaja dan pemuda. Sebab, perpustakaan bisa jadi tempat yang baik untuk mengisi waktu luang.

"Karena tidak ada hal yang bisa dilakukan, banyak pemuda terjerumus dalam masalah. Seperti, pergaulan bebas hingga terjerumus narkoba. Dengan ada perpustakaan maka para pemuda bisa mengisi waktu luang dengan baca buku. Harapan saya, kalau anak muda sudah gemar baca maka generasi mendatang bakal lebih cerdas," cetusnya.