Acara Festival Literasi yang berlangsung di alun-alun Purwodadi resmi dibuka, Minggu (25/11/2018). Pembukaan festival yang diselenggarakan Dinas Pendidikan itu dibuka Sekda Grobogan Moh Sumarsono. Hadir dalam acara pembukaan Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto, dan Kadinas Pendidikan Amin Hidayat.

Sekda Grobogan Moh Sumarsono mengapresiasi acara festival literasi tersebut. Ia sangat senang dan bangga dengan hasil karya yang ditampilkan oleh para peserta festival.

“Sangat kreatif dan inovatif. Jadi, untuk memajukan literasi memang harus punya kreatifitas seperti ini. Saya berharap, dari kegiatan ini bisa berdampak dengan meningkatnya budaya baca masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kadinas Pendidikan Amin Hidayat menyatakan, festival ini rencananya akan digelar selama empat hari, hingga Rabu mendatang. Dalam kegiatan ini, ditampilkan berbagai hasil karya literasi dari guru dan siswa SD/SMP yang ada di 19 kecamatan atau UPTD. Selain itu ada pula stand Asosiasi Guru Penulis Grobogan yang diisi buku-buku hasil karya para guru.

Dalam festival ini juga digelar berbagai lomba. Seperti lomba karawitan, menulis surat untuk Bupati Grobogan dengan tema pendidikan.

Amin menyatakan, Grobogan sudah dicanangkan sebagai kabupaten literasi sejak tahun 2016 lalu. Guna memajukan gerakan literasi di Grobogan, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya.

Antara lain, Workshop Gerakan Literasi Sekolah pada bulan Februari. Kemudian, pada bulan Agustus dilangsungkan workshop ‘Satu Guru Satu Buku’ (Sagusabu) dan workshop ‘Literasi Asyik Mendesain Peta Cerita (Enikki) bulan Oktober.

“Puncaknya, kita bikin Festival Literasi di bulan November ini,” kata Amin yang baru saja meraih penghargaan tokoh penggerak literasi nasional tahun 2018 dari Media Guru itu.