Peningkatan pelayanan publik menjadi prioritas pembangunan Pemkab Grobogan pada tahun 2020 mendatang. Terutama, peningkatan pelayanan pada bidang pendidikan, kesehatan dan perizinan. Demikian disampaikan Sekda Grobogan Moh Sumarsono dalam acara konsultasi publik rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah (Ranwal RKPD) tahun 2020 yang dilangsungkan di Hotel Grand Master, Kamis (20/12/2018).

Menurut Sumarsono, berdasarkan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Grobogan tahun 2016-2021, tema pembangunan pada tahun 2020 adalah peningkatan kualitas sumberdaya aparatur untuk memperkuat kualitas pelayanan publik diberbagai bidang. Terutama, bidang pendidikan dan kesehatan.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dilakukan dengan penguatan kapabilitas sumberdaya aparatur. Yakni, dengan mengendepankan upaya perubahan budaya kerja yang siap melayani dan perubahan perilaku serta mindset kearah yang lebih baik dilandasi dengan moralitas yang tinggi.

Pada bidang pendidikan akan ditingkatkan mutu pembelajaran, kompetensi guru serta perbaikan sarana dan prasarana pendukungnya. Untuk peningkatan sektor kesehatan dilakukan dengan peningkatan kualitas layanan dasar dan rujukan, meningkatkan kapasitas tenaga medis, serta sarana penunjang kesehatan.

“Untuk pelayanan perizinan, diarahkan pada upaya untuk menyederhanakan prosedur, meningkatkan kualitas pelayanan dengan selalu berkomitmen tinggi pada standar operasional prosedur secara konsisten,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Anang Armunanto menyatakan, selain pelayanan publik, prioritas berikutnya adalah penataan wajah kota dan peningkatan kualitas infrastruktur lingkungan. Kemudian, upaya penanggulangan kemiskinan terpadu berbasis wilayah, pengembangan usaha ekonomi produktif masyarakat juga jadi sasaran dalam pembangunan tahun 2020.

“Terkait Ranwal RKPD tahun 2020 itulah kami awali dengan melaksanakan konsultasi publik dengan mengundang berbagai pemangku kepentingan. Dari konsultasi publik ini, kita bisa mendapat banyak masukan dari berbagai pihak,” imbuhnya.