Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Grobogan menggelar upacara peringatan Hari Ibu ke 90 di halaman kantor Setda, Kamis (20/12/2018). Upacara yang dipimpin Bupati Grobogan Sri Sumarni tersebut, diikuti seluruh OPD dan instansi lainnya.

Upacara peringatan Hari Ibu sekaligus Hari Bela Negara ke-70 berlangsung hikmat. Dalam kesempatan itu, dilakukan pula penyerahan hadiah bagi juara lomba yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-90.

Bupati menegaskan, peringatan Hari Ibu harus dijadikan sebagai refleksi dan renungan bagi semua, dimana berbagai upaya telah dilakukan untuk memajukan pergerakan perempuan disemua bidang. Perjalanan panjang selama 90 tahun telah mengantarkan berbagai keberhasilan dalam menghadapi tantangan global dan multidimensi khususnya bagi mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia.

"Hari ini kita melaksanakan upacara peringatan Hari Ibu ke 90. Semoga dengan peringatan ini mengingatkan selalu perjuangan ibu kita dengan semakin menghargainya. Sebagai anak, kita harus menunjukkan bakti kepada orangtua, khususnya kepada ibu,” kata bupati.

Menurut bupati, perjuangan kaum perempuan pada dasarnya tidak lepas dari sejarah perjuangan bangsa yang kiranya perlu diteladani. Sementara di era modern ini, perempuan memiliki posisi sebagai sumber daya insani yang menentukan pembangunan nasional.

Meski demikian, masih PR yang masih perlu mendapat perhatian dari semua pihak. Yakni cara mencegah kekerasan dan perilaku diskriminatif pada kaum perempuan.

Dengan penanaman karakter serta peran keluarga melalui implementasi kesetaraan gender, tentunya cita-cita tersebut akan bisa terwujud.