Puluhan warga Desa Sembungharjo, Kecamatan Pulokulon memberikan sambutan meriah saat Bupati Grobogan Sri Sumarni berkunjung ke desanya, Kamis (3/1/2019). Selain warga, ratusan siswa, guru dan orang tua/wali murid SDN 05 Sembungharjo juga ikut menyambut kehadiran bupati.

Kedatangan bupati kali ini adalah dalam rangka meresmikan proyek pembangunan empat ruang kelas baru SDN 05 Sembungharjo yang sudah rampung dikerjakan akhir tahun 2018 lalu. Sebelumnya, empat ruang kelas itu kondisinya rusak parah dan tidak layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

Setelah direnovasi dengan alokasi dana sekitar Rp 400 juta, empat ruang kelas yang dulunya sangat tidak layak sudah berubah drastis kondisinya. Saat ini, empat ruang kelas baru dinilai sudah layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

“Setelah diperbaiki, maka suasana pembelajaran pasti bisa berlangsung lebih nyaman. Setelah ruang kelas diperbaiki, nanti sarana dan prasarana penunjang lainnya kita minta untuk dilengkapi. termasuk perpustakaan,” ungkap bupati usai peresmian.

Sejumlah pejabat ikut mendampingi bupati saat peresmian gedung baru SDN 05 Sembungharjo tersebut. Antara lain, Kepala Dinas Pendidikan Amin Hidayat, Asisten III Padmo, Kepala DPUPR Een Endarto, Kabag Umum Supriyanto, dan Kabag Humas Teguh Harjokusumo serta Muspika Pulokulon.

Bupati menegaskan, hingga saat ini, masih ada ratusan ruang kelas SD yang kondisinya rusak parah dan perlu segera ditangani. Meski demikian, perbaikan ruang kelas itu tidak bisa dilakukan dengan cepat karena butuh dana yang tidak sedikit.

Dijelaskan, pada tahun 2018 lalu, anggaran untuk perbaikan ruang kelas rusak sekitar Rp 8 miliar. Untuk tahun 2019 ini, anggaran perbaikan ruang kelas rusak naik jadi Rp 24 miliar.

“Secara bertahap ruang kelas rusak, khususnya SD akan kita perbaiki. Kita prioritaskan dulu untuk ruang kelas yang rusaknya sangat parah,” jelasnya.