KPA ( Komisi Penanggulangan Aids ) Kabupaten Grobogan bekerjasama dengan Puskesmas Purwodadi I Selasa (26/3/19) menggelar acara Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan HIV-Aids serta pemeriksaan VCT (Voluntary Counseling and Testing) bagi warga binaan Rumah Tahanan Purwodadi bertempat di aula Rutan Purwodadidi.

Acara ini diikuti sebanyak 178 anggota binaan Rutan. Sekretaris KPA Kabupaten Grobogan Rahayu Ismawarni mengatakan bahwa jumlah ODHA ( Orang Dengan HIV Aids ) di Kabupaten Grobogan sampai dengan akhir bulan Desember 2018 sudah mencapai 1132 orang. Lebih lanjut Rahayu Ismawarni mengatakan HIV AIDS masih menjadi masalah yang perlu ditangani dengan sungguh-sungguh. HIV AIDS tidak hanya berkaitan dengan masalah kesehatan semata, tetapi terdampak dan berdampak pada multi aspek seperti sosial ekonomi, kemanusiaan, ketenagakerjaan, HAM dan aspek lainnya. Rahayu Ismawarni juga mengemukakan,

Pemerintah melalui strategis Penanggulangan HIV AIDS telah menetapkan tahun 2030 tercapai “tri zero” HIV dan AIDS, yang bertujuan untuk mencegah dan mengendalikan epidemi HIV dan AIDS di Indonesia. Tri Zero tersebut meliputi menurunnya jumlah kasus baru HIV, menurunkan angka kematian akibat HIV dan menurunkan stigma dan diskriminasi terhadap HIV AIDS.

Sementara itu Dr. Faizal nara sumber dari Puskesmas Purwodadi I menyampaikan bahwa data kasus HIV – Aids dari waktu ke waktu selalu menunjukan peningkatan, baik dari jumlah kasus maupun penyebaran populasi mereka yang terpapar. Faizal juga mengatakan dengan setia pada pasangan atau tidak berganti-ganti pasangan merupakan senjata paling ampuh untuk menekan bertambahnya ODHA. Menurutnya pekerja sebagai salah satu kelompok masyarakat yang strategis dan produktif wajib mendapatkan perlindungan termasuk perlindungan dari terpapar HIV AIDS. Banyak pekerja berhadapan dengan kondisi dan situasi kerja yang rentan dan beresiko tertular atau menularkan HIV. Oleh karena itu, perlu pengelolaan yang baik di tempat kerja, mengingat tempat kerja merupakan wilayah yang strategis untuk intervensi pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS.

Kepala Rutan Purwodadi Surahmad menyambut baik kegiatan ini karena sangat bermanfaat bagi warga binaannya.Usai acara sosialisasi dilanjutkan dengan pelaksanaan tes VCT (voluntary counseling and testing) yaitu serangkaian tes untuk mengetahui Anda apakah positif atau negatif mengidap HIV terhadap peserta sosialisasi. ( Kontributor : Kadarwati/ Diskominfo Grobogan )

.

 

 

 

.