Sebuah tempat wisata dan edukasi yang diperuntukkan bagi masyarakat umum milik BUMDes Desa Cingkrong, Kecamatan Purwodadi kini sudah bisa dikunjungi. Hal ini menyusul sudah diresmikannya tempat wisata dan edukasi buatan yang dinamakan ‘De Bale Cingkrong’ oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni, Selasa (10/4/2019).

“Saya beri apresiasi bagi Kades Cingkrong dan jajarannya yang berani membuat terobosan dan mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan membuat tempat bagus seperti ini.

Semoga dengan punya usaha ini, BUMDes Desa Cingkrong makin maju dan menjadi inspirasi bagi desa lainnya,” kata bupati, saat peresmian.

Sejumlah perwakilan FKPD ikut hadir dalam acara peresmian itu. Hadir pula, Sekda Grobogan Moh Sumarsono, Asisten I Muhammad Hidayat, Asisten II Ahmadi Widodo, Kepala Diskominfo Wiku Handoyo dan pejabat terkait lainnya.

Acara peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita di pintu masuk lokasi wisata. Setelah itu, bupati didampingi Kades Cingkrong Jasmi dan para pejabat sempat berkeliling lokasi wisata yang ada di belakang komplek balaidesa itu. Bupati dan sekda juga sempat mencoba menaiki becak air yang ada di kolam besar di tengah lokasi wisata tersebut.

“Luar biasa. Penataan tempatnya cukup bagus dan nantinya pasti bisa menarik orang untuk berkunjung. Adanya tempat ini disisi lain juga bisa menyerap tenaga kerja,” jelas bupati.

Sementara itu, Kades Cingkrong Jasmi menyatakan, taman edukasi dan wisata itu dibangun pada lahan seluas 3.000 meter persegi. Dimana, lahan 1.500 meter persegi merupakan tanah desa dan sisanya merupakan lahan warga yang dipakai untuk lokasi outbond.

“Pembangunan lokasi ini menelan dana sekitar Rp 500 juta yang bersumber dari APBDes. Untuk pembangunannya kita mulai awal Januari lalu,” katanya.

Dijelaskan, sarana edukasi yang ada meliputi taman lalu lintas dan pembuatan batik tulis. Kemudian, banyak sekali wahana permainan serta aneka permainan tradisional, spot selfie yang disediakan di dalam lokasi.