Momen Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April diharapkan bisa dijadikan tonggak kebangkitan para perempuan. Khususnya kaum perempuan di Grobogan. Hal itu disampaikan Sekda Grobogan Moh Sumarsono dalam amanatnya saat bertindak jadi inspektur upacara Hari Kartini ke-140 di halaman setda, Selasa (23/4/2019).

“Lewat peringatan Hari Kartini ini, mari kita jadikan momen ini untuk bangkit sekaligus instrospeksi diri. Dengan meneladani sikap Ibu Kartini maka perempuan bisa meraih prestasi seperti kaum laki-laki,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Sumarsono juga berpesan kepada para perempuan agar tidak lupa tugasnya dalam membina keluarga. Meski punya banyak kesibukan kerja atau usaha namun perhatian terhadap keluarga jangan sampai terabaikan.

“Saat ini, karena kesibukan orang tua terkadang menjadikan komunikasi dengan anak berkurang. Untuk itu, orang tua harus memberi waktu untuk berkomunikasi dengan anak. Keluarga yang harmonis ini juga salah satu sarana untuk menjadikan anak-anak menjadi orang hebat dikemudian hari,” pesannya. 

Upacara hari Kartini ini dihadiri pula para pimpinan FKPD Grobogan beserta istri/suami. Hadir pula para kepala SKPD dan pimpinan BUMD Grobogan.

Dalam upacara ini, seluruh petugasnya adalah perempuan. Mulai dari komandan upacara, pengibar bendera, pembaca naskah pembukaan UUD 1945, hingga pembaca doa.

Pada rangkaian acara peringatan Hari Kartini juga dilangsungkan gelar aneka produk makanan dari bahan lokal di halaman parkir setda. Kemudian, ada pula lomba cipta menu masakan di gedung Riptaloka serta lomba menyanyi di pendapa kabupaten.