Berbagai komponen masyarakat yang ada di Grobogan mendeklarasikan komitmen bersama, Kamis (25/4/2019). Deklarasi komitemen bersama dilangsungkan di aula Jananuraga Polres Grobogan.

Hadir dalam kesempatan itu, Sekda Grobogan Moh Sumarsono, Kapolres AKBP Choiron El Atiq, para pimpinan FKPD lainnya dan Ketua KPU Agung Sutopo. Hadir pula, pimpinan parpol pengusung pasangan Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi serta tokoh agama.

Ada dua poin penting dalam deklarasi komitmen bersama tersebut. Pertama, sepakat menunggu dan menerima keputusan resmi KPU RI, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten. Kedua, sepakat untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Grobogan supaya tetap aman, damai, dan kondusif.

Sekda Grobogan Moh Sumarsono dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Pemilu telah berjalan aman dan lancar. Ia mengajak seluruh elemen masyarakat agar sabar menunggu hasil penghitungan Pemilu 2019 yang dilakukan oleh KPU.

“Momentum ini sangat tepat, masyarakat digerakkan, diajak dan disadarkan untuk peduli agar Grobogan damai, rukun, harmonis. Kondisi seperti ini merupakan modal dasar pembangunan daerah. Siapapun yang terpilih menjadi presiden dan wakil presiden, anggota DPD, DPRD Pusat, Provinsi dan Kabupaten patut didukung bersama,” katanya.

Sementara itu, Kapolres AKBP Choiron El Atiq menghimbau kepada semua tim sukses untuk menghormati hasil penghitungan sampai selesei. Ia juga mengajak semua komponen masyarakat untuk kembali merajut kerukunan dan melaksanakan aktifitas seperti biasa.

“Masyarakat untuk tetap tenang, tidak melakukan tindakan anarkis yang melanggar hukum dan peraturan perundangan-undangan yang berlaku sambil menunggu hasil resmi penghitungan suara oleh KPU. Mari kita sama-sama menjaga situasi kamtibmas yang aman, damai dan sejuk di Kabupaten Grobogan,” pesannya.