Bupati Grobogan Sri Sumarni berserta jajaran FKPD melangsungkan sidak ke Pasar Induk Purwodadi, Rabu (29/5/2019). Sidak dilakukan guna mengetahui secara langsung kondisi harga berbagai kebutuhan bahan pokok terkini.

Menurut bupati, ada beberapa bahan kebutuhan pokok yang paling dibutuhkan dalam momen seperti ini. Yakni, beras, telur, daging, minyak goreng, dan gas elpiji. Khusus untuk beras, kondisinya dinilai relatif masih aman karena sebagian petani saat ini tengah memasuki masa panen padi.

“Saya minta pada dinas terkait supaya mengawasi ketersediaan sembako dipasaran dengan cermat. Jangan sampai terjadi kelangkaan bahan kebutuhan pokok hingga

lebaran. Untuk itu monitoring di lapangan perlu terus dilakukan oleh dinas terkait,” tegasnya.

Bupati menegaskan, sidak menjelang lebaran selama ini memang sudah jadi agenda rutin. Melalui sidak bisa diketahui kondisi langsung yang ada dilapangan serta mendapat masukan dari pedagang dan masyarakat.

“Dari monitoring tadi, memang ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga. Tapi kenaikannya hanya sedikit atau masih dalam batas normal. Beberapa barang malah ada yang turun harganya,” katanya.

Setelah mamantau harga di pasar, bupati dan rombongan kemudian melangsungkan kunjungan ke berbagai lokasi lainnya guna mengecek kesiapan lebaran. Antara lain, mengunjungi pos pengamanan, SPBU, SPBE, RSUD, dan terminal induk Purwodadi.