Masyarakat yang hendak mengurus pelayanan di kantor Kemenag Grobogan sekarang menjadi lebih mudah. Hal ini seiring diresmikannya kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kemenag Grobogan, Jumat (21/6/2019).

Peresmian PTSP tersebut dilakukan Kepala Kanwil Kemenag Jateng Farhani. Kemudian, dilanjutkan seremoni pemotongan pita yang dilakukan Sekda Grobogan Moh Sumarsono.

Ikut menyaksikan acara pengguntingan pita, Kepala Kemenag Grobogan Hidayat Maskur dan jajarannya. Tampak pula, perwakilan FKPD dan sejumlah kepala OPD terkait.

Sekda Grobogan Moh Soemarsono mengapresiasi adanya PTSP di kantor kemenag tersebut. Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Grobogan sendiri sudah memiliki Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang melayani pelayanan perizinan. Semua pelayanan akan dilayani secara satu pintu di dinas tersebut.

Kepala Kanwil Kemenag Jateng Farhani mengatakan, kantor PTSP tersebut mampu melayani 72 jenis pelayanan yang dibagi tiga kriteria. Yakni, pelayanan umum, pelayanan haji atau umroh, dan perbankan.

“Di Jawa Tengah baru ada 10 kabupaten kota yang sudah meresmikan PTSP, termasuk Grobogan. Sementara lainnya, masih proses mempersiapkan sarana prasarananya dan kita targetkan tahun ini bisa diresmikan semuanya,” katanya.

Menurutnya, PTSP bertujuan untuk memberikan kemudahan pada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dari Kemenag. Dengan pelayanan satu pintu, masyarakat akan mendapatkan pelayanan mudah, cepat, murah, dan tidak ada pungli.

‘’Semua pelayanan akan terlayani di sini. Jadi tidak akan membingungkan masyarakat yang membutuhkan pelayanan,” sambungnya.