Jajaran Pengurus dan Dewan Kehormatan Palang Merah Indonesia (PMI) Grobogan periode 2019-2024 secara resmi dilantik di pendapa kabupaten, Kamis (20/6/2019). Pelantikan pengurus baru ini dilakukan Ketua PMI Jateng Imam Triyanto.

Selain bupati, acara pelantikan juga dihadiri jajaran FKPD, kepala OPD dan camat serta pengurus PMI dari kabupaten tetangga. Dalam susunan pengurus baru ini, Ketua PMI Grobogan dijabat oleh Moh Sumarsono.

Dalam kesempatan itu, bupati meminta agar masyarakat semakin sadar untuk mendonorkan darahnya. Sebab, banyak manfaat yang didapat ketika melakukan donor darah.

“Banyak manfaatnya dari donor darah yang kita lakukan. Selain dapat membantu sesama, dengan donor darah, kita bisa mengetahui kondisi kesehatan diri sendiri secara berkala. Oleh sebab itu, saya mengajak semua yang hadir disini, terutama pengurus PMI untuk terus menggugah kesadaran masyarakat agar bersedia donor darah sukarela. Setetes darah yang kita berikan dapat menyelamatkan nyawa orang lain,” kata bupati.

Sementara itu, Ketua PMI Grobogan Moh Sumarsono menyatakan, menjadi pengurus maupun relawan di PMI lebih merupakan panggilan jiwa. Sebab, mereka mengemban tugas yang dimuliakan, yakni menolong sesama dengan tanpa pamrih.

Dalam menjalankan kerja sosial ini, PMI kerap dihadapkan pada sejumlah persoalan klasik. Salah satunya adalah belum terpenuhinya kebutuhan darah karena masih minimnya jumlah pendonor darah sukarela.

“Untuk bisa menjawab masalah ini, butuh upaya keras dari seluruh pengurus, anggota serta relawan PMI dalam meyakinkan masyarakat luas tentang arti pentingnya semangat kesetiakawanan sosial,” katanya.