Komunitas Bonsai Mania Grobogan (BMG) menggelar pameran dan kontes bonsai yang dilangsungkan di Alun-Alun Purwodadi. Pameran dan kontes bonsai di Alun-Alun Purwodadi dibuka Bupati Grobogan Sri Sumarni, Jumat (20/6/2019). Ikut mendampingi, Sekda Grobogan Moh Sumarsono, dan Asisten III Padmo.

Pameran di alun-alun ini merupakan pameran kedua yang digelar BMG. Tahun lalu, BMG sudah menyelenggarakan acara serupa yang dilangsungkan di halaman gedung Wisuda Budaya Purwodadi.

Bupati mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh komunitas BMG tersebut. Menurutnya, budidaya bonsai merupakan keterpaduan antara seni, keindahan dan pelestarian tanaman.

“Saya lihat tadi, bonsai yang dipamerkan bagus-bagus. Acara seperti ini perlu diapresiasi dan didukung terus,” katanya.

Dalam kesempatan itu, bupati sempat mengajak anggota komunitas untuk dapat mempertahankan populasi tanaman yang ada di Grobogan. Khususnya tanaman yang sudah langka guna menghindari kepunahan dan menjaga kelestarian lingkungan.

Sementara itu, Ketua Panitia Lumadiyana mengungkapkan, pameran tersebut rencananya akan digelar hingga Senin (24/6/2019). Dalam pameran tersebut ada 215 pohon yang dipamerkan. Terdiri, 127 pohon di kelas basic dan 88 pohon pada kelas lanjut.

Selain tuan rumah, peserta pameran juga berasal dari luar daerah. Seperti, Jepara, Semarang, Kudus, dan Blora.

Kemudian, ada juga puluhan bonsai yang ditempatkan dalam stand bursa. Bonsai di tempat ini juga bisa dibeli dan langsung dibawa pulang tanpa menunggu selesainya pameran. Puluhan pohon dalam stand ini sebagian diantaranya milik pembursa dari Madura dan Tulungagung yang sengaja ikut hadir untuk memeriahkan acara tersebut.