Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Grobogan melakukan launching dan sosialisasi Proteksi KEDAI (Keamanan Data Informasi) pada website dan aplikasi bagi admin website OPD se-Kabupaten Grobogan. Kegiatan yang diselenggarakan di ruang rapat Sekretariat Daera (Setda) lantai 1 tersebut berlangsung selama 2 hari (2 Juli – 3 Juli 2019), dan diikuti oleh seluruh admin website OPD di Kabupaten Grobogan, baik dari Dinas/Instansi ataupun dari Kecamatan.

Acara yang dilakukan bersamaan dengan bimbingan teknis (Bintek) bagi admin website OPD tersebut sebagai upaya mengenalkan perlindungan keamanan website dan aplikasi Pemerintah sedari dini. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Grobogan, Wiku Handoyo SH, MH pada kesempatan tersebut menyampaikan pentingnya keamanan data informasi pada website dan aplikasi di lingkup Pemerintahan. Menurutnya, keberadaan website dan berkembangnya aplikasi mutlak memerlukan keamanan agar terhindar dari beragam resiko dan ancaman yang berindikasi mengganggu keberadaan data informasi dalam website pemerintah.

Proteksi KEDAI Mandiri ini pada prinspinya adalah upaya untuk pengujian keamanan suatu website ataupun aplikasi berbasis web dengan menggunakan tools tertentu, sehingga dapat diketahui seberapa jauh tingkat keamanan website atau aplikasi tersebut. Dari pengujian yang dilakukan akan diperoleh hasil yang dapat memberikan informasi terkait potensi atau resiko yang mungkin bias terjadi, sehingga admin website ataupun pihak terkait bisa melakukan solusi ataupun pembenahan dari permasalahan tersebut.
Kepala Bidang Sistem Informasi Layanan E-Government Dinas Kominfo , Nuryasin, S.Stp, M.Si, juga menambahkan pentingny

keamanan pada website OPD. Menurutnya para admin website setelah dapat mengelola website dengan baik perlu untuk memperhatikan aspek keamanan dari website tersebut, sehingga dapat terjaga dari berbagai ancaman yang ada. Sementara itu narasumber Bintek admin website OPD, Mujahid Fadlil, S.Sos, M.Si, yang merupakan Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Persandian menambahkan bahwa upaya proteksi semacam ini sangat dibutuhkan, terutama belajar dari pengalaman beberapa tahun terakhir, terkait adanya sejumlah website Dinas yang kerap mendapat serangan secara mendadak ketika berada pada saat tertentu.

kedai

Menurut Kepala Seksi Integrasi dan Keamanan Data Informasi Dinas Kominfo Kabupaten Grobogan, Ujang Suhendra ST, MT, MMG, Proteksi KEDAI Mandiri merupakan upaya untuk memaksimalkan potensi website dan aplikasi yang sudah ada di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Grobogan. Sehingga dapat diperoleh seberapa besar kerentanan ataupun adanya celah keamanan dari aplikasi ataupun website tersebut. Apalagi website ataupun aplikasi milik Pemerintah biasanya rawan sekali untuk mendapat resiko keamanan.

“Dari beragan sserangan dan insiden keamanan pada website yang terjadi di Indonesia, sebagian besar justru menjadikan website Pemerintahan (go.id) yang paling banyak diserang”, ungkapnya.
Dia juga menyampaikan harapannya dengan adanya Proteksi KEDAI Mandiri ini 3 aspek utama yang harus dipenuhi pada keamanan informasi dapat terpenuhi, yakni Confidentiality (Kerahasiaan), Integrity (Keutuhan), dan Availability (Ketersediaan). Sehingga website ataupun aplikasi yang dimiliki OPD di Kabupaten Grobogan dapat berfungsi sebagaimana mestinya, dan meminimalisir kecenderungan terkena serangan ataupun resiko keamanan yang dapat mengancam keberadaan, keutuhan, dan kerahasiaan data informasi di dalamnya.