Dalam rangka MEWUJUDKAN BATIK GROBOGAN BERDAYA SAING MELALUI INOVASI DAN SERTIFIKASI BATIK. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Grobogan melaksanakan berbagai kegiatan yaitu :

1 . Pelatihan Pembuatan Canting Cap Berbahan Kertas Limbah Kemasan
Pelatihan pembuatan canting cap berbahan kertas limbah kemasan ini dilaksanakan di Omah Kreatif Dongaji milik Bapak Nurohmad yang berlokasi di Sawit, Sewon, Bantul DIY. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 18-20 Juni 2019.
Jumlah peserta 10 orang dari KUB Batik binaan Disperindag Kabupaten Grobogan. Di Omah Kreatif Dongaji ini peserta dilatih membuat canting cap sendiri dan praktek mengecap dengan menggunakan canting cap kertas.

2. Pelatihan Pewarnaan Kombinasi Naptol Remasol
Proses pewarnaan naptol dan remasol merupakan perpaduan metode colet dengan celup yang dapat mempercepat proses pewarnaan kain batik. Pelatihan dilaksanakan di KUB Batik Flamboyan Desa Pulorejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan dengan instruktur Ibu Nunung Wijayanti, ketua KUB Batik Flamboyan Desa Pulorejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan.Jumlah peserta 10 orang dari KUB Batik di Kecamatan Purwodadi.

batikdisperindag2

3. Sosialisasi Sertifikasi Batik Mark
Salah satu parameter daya saing adalah kepastian/jaminan mutu produk. Salah satu upaya memberikan jaminan mutu produk adalah melalui sertifikasi. Sertifikasi untuk produk batik salah satunya adalah melalui Sertifikasi Batik Mark Batik Indonesia.
Batik Mark adalah suatu tanda yang menunjukkan identitas dan ciri batik buatan Indonesia yang terdiri dari 3 jenis yaitu batik tulis, batik cap dan batik kombinasi dengan hak cipta No. 034100 tgl 5 juni 2007.
Sosialisasi Sertifikasi Batik Mark dilaksanakan pada hari Senin tanggal 24 Juni 2019 dengan narasumber Ibu Ulfi Khabibah dari Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta. Peserta sosialisasi adalah IKM Batik binaan dan OPD terkait seperti Bappeda, Bagian Perekonomian SETDA, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Grobogan.

4. Membangun Komitmen Bersama Paguyupan Batik Bersemi Kabupaten Grobogan
Paguyupan Batik Bersemi Kabupaten Grobogan merupakan sebuah organisasi yang mewadahi Kelompok Usaha Bersama (KUB) batik dan tenun binaan Disperindag Kabupaten Grobogan. Paguyupan ini beranggotakan 22 KUB dari seluruh wilayah Kabupaten Grobogan.
Dalam rangka membangun komitmen paguyupan dirumuskanlah visi misi dan AD/ART PAguyupan Batik Bersemi Kabupaten Grobogan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 27 Juni 2019 bertempat di Gedung PPPIKM Dalmadi di Jl. Jend. Sudirman 13 Purwodadi. Melalui Paguyupan ini diharapkan KUB batik dan tenun di Kabupaten Grobogan dapat maju dan sukses bersama-sama.

Anda tertarik ingin belajar membatik? Silahkan datang ke kantor Disperindag Kabupaten Grobogan Jl. A. Yani No. 357 Nglejok Purwodadi.