Bupati Grobogan Sri Sumarni bersama jajaran FKPD dan pejabat terkait melangsungkan monitoring pelaksanaan Pilkades tahap II di sejumlah desa, Rabu (10/7/2019). Antara lain, di Desa Pulorejo, Kecamatan Purwodadi, Desa Ngeluk Kecamatan, Penawangan, dan Desa Ketitang, Kecamatan Godong.

Pada Pilkades tahap II ini digelar secara serentak di 51 desa dari 17 kecamatan se-Kabupaten Grobogan. Sebanyak 146 calon kepala desa menjadi peserta pesta demokrasi di tingkat desa tersebut.
Dalam kesempatan itu, Bupati Sri Sumarni meminta calon kepala desa untuk bijaksana dalam menyikapi hasil Pilkades. Menurutnya, pilkades tak ubahnya sebuah kompetisi. Di mana, terdapat peserta yang kalah dan menang.

‘’Kalau menang jangan umuk atau sombong, dan yang kalah jangan ngamuk atau marah. Kami minta, agar calon kades ini bisa menjaga kondusifitas di wilayahnya. Mereka harus bisa mengajak para pendukungnya untuk bijaksana dalam menyikapi hasil pilkades ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kabag Pemdes Setda Grobogan Mudakir Walad mengatakan dari jumlah desa yang menggelar pilkades, ada 26 desa yang mempunyai calon kades lebih dari dua orang. Sementara sisanya diikuti dua calon kepala desa.

Sedangkan proses pengamanan di setiap desa telah ada pengawalan dari sejumlah pihak. Yakni, anggota Linmas, Polsek, Koramil, dan di-back up Polres Grobogan.