Sebanyak 99 inovasi pelayanan publik dari berbagai daerah di Indonesia mendapat penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Penghargaan dibagi dalam 6 kategori yaitu Kementerian, Lembaga, Provinsi, Kota, Kabupaten, dan Badan Usaha Milik Negara.

Dari 99 inovasi pelayanan publik yang mendapat penghargaan tersebut, satu diantaranya diraih Pemkab Grobogan. Yakni, penghargaan atas inovasi pendirian Rumah Kedelai Grobogan (RKG).

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin kepada Bupati Grobogan Sri Sumarni di Gumaya Hotel Semarang, Kamis (18/7/2019) malam. Hadir dalam kesempatan tersebut, Mendagri Tjahjo Kumolo dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Bupati Grobogan Sri Sumarni merasa bangga dengan keberhasilan RKG masuk dalam top 99 inovasi pelayanan publik 2019 tersebut. Sebab, jumlah inovasi pelayanan publik dari seluruh Indonesia yang dinilai ada ribuan.

“Penghargaan top 99 inovasi pelayanan publik untuk RKG ini sangat membanggakan. Den an penghargaan ini membuktikan kalau keberadaan RKG sudah memberikan kontribusi yang bagus pada masyarakat, khususnya petani,” katanya.

RKG yang ada dibawah pengelolaan Dinas Pertanian Grobogan ini mulai dirintis pendiriannya mulai tahun 2013. Kemudian, RKG diresmikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada 25 Maret 2017. RKG merupakan instalasi terpadu untuk memberikan pelayanan informasi dan edukasi agribisnis kedelai lokal, dari hulu sampai hilir berbasis one stop learning atau tuntas dalam satu lokasi.