Rombongan jemaah haji Grobogan yang terbagi dalam empat kloter diberangkatkan dari pendapa kabupaten menuju asrama haji Donohudan, Sabtu (2/8/2019). Total ada 1.078 jemaah haji yang terbagi dalam empat kloter.

Pemberangkatan kloter 92 yang berisi 40 orang jemaah dilangsungkan selepas Subuh. Kemudian, sekitar pukul 08.30 WIB dilanjutkan pemberangkatan 354 jemaah haji kloter 93. Setelah itu, giliran jemaah haji kloter 94 sebanyak 353 orang yang berangkat pada pukul 11.00 WIB. Acara pelepasan ketiga kloter ini dipimpin Asisten II Pemkab Grobogan Ahmadi Widodo didampingi perwakilan FKPD dan sejumlah pejabat terkait.

Terakhir, pemberangkatan dilakukan untuk kloter 95 yang berisi 331 jemaah haji pada pukul 16.30 WIB. Pelepasan kloter 95 dilakukan oleh Sekda Grobogan Moh Sumarsono.Dalam kesempatan itu, Sumarsono meminta para petugas yang mendampingi jemaah

haji diminta untuk mengemban tugas dengan amanah. Yakni, memberikan pelayanan maksimal pada jamaah selama berada di tanah suci. Terlebih, dalam rombongan kali ini banyak terdapat jamaah haji berusia lanjut.

“Tugas pendamping ini sangat berat. Untuk itu, saya minta agar para petugas ini bisa bersikap sabar dan amanah selama menjalankan tugas. Terutama sekali dalam melayani jamaah yang sudah sepuh (tua),” terangnya.

Ia juga meminta para jamaah untuk selalu menjaga kesehatan. Sebab, pelaksanaan ibadah haji membutuhkan fisik yang prima agar semua rangkaian ibadah bisa dilakukan dengan sempurna.

Salah satu hal yang diingatkan adalah para jamaah sangan sampai mengalami dehidrasi. Untuk itu, selama berada di tanah suci, para jamaah diminta untuk banyak minum air putih.