Acara pembukaan Jambore Daerah (Jamda) XV Kwartir Daerah Jawa Tengah di Bumi Perkemahan Mustika Blora juga diwarnai dengan pemberian penghargaan dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pada sejumlah orang yang berjasa pada gerakan pramuka, Selasa (27/8/2019). Salah satunya adalah Bupati Grobogan Sri Sumarni yang menerima penghargaan Lencana Melati karena dinilai telah memberikan dukungan penuh dalam segala hal untuk memajukan gerakan kepramukaan di wilayahnya.

Selain bupati, beberapa kader gerakan pramuka Kwarcab Grobogan juga mendapatkan penghargaan. Yakni, Pembina Pramuka MA Nuril Huda Tawangharjo Mukhamad Lutfi Ali yang mendapat juara I Pembina Gudep Berprestasi tingkat Provinsi Jateng. Kemudian, siswi MTs Sunniyyah Selo, Kecamatan Tawangharjo Azza Naila Shufa yang mendapatkan penghargaan setelah berhasil menjadi juara I Pramuka Penggalang Garuda Putri Berprestasi Tingkat Kawarda Jateng.

“Penghargaan ini kami persembahkan untuk semua insan peramuka di Kabupaten Grobogan. Semoga dengan penghargaan ini bisa memberikan nilai positif bagi kemajuan gerakan pramuka di Kabupaten Grobogan. Gerakan pramuka di Grobogan harus terus berkembang dan dapat membantu kemajuan daerah, khususnya di bidang SDM generasi muda,” ujar Sri Sumarni, usai menerima penghargaan.

Pemberian penghargaan tersebut diserahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida). Selain Bupati Grobogan, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, Walikota Solo FX Rudiatmo, dan Waka Kwarda Jateng Kartono. Tak hanya itu, di kegiatan tersebut juga dilakukan pemberian penghargaan Dharma Bakti pada Ketua Kwarda Jateng Atiqoh Ganjar Pranowo dan beberapa penghargaan karya bakti serta penghargaan lainnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Abdimas Humas Kwarcab Grobogan Lulun Surono menegaskan, penghargaan yang diberikan pada Bupati Sri Sumarni dinilai sangat tepat. Sebab, selama ini, Sri Sumarni dinilai telah banyak memberikan dukungan nyata dalam kegiatan kepramukaan.

“Dukungan Ibu Bupati untuk kemajuan pramuka memang cukup besar. Bahkan kedepan, ada rencana, Kabupaten Grobogan akan dijadikan ikon gerakan pramuka dengan program kabupaten pramuka,” cetusnya.