Pemkab Grobogan melangsungkan acara penandatangan kesepakatan bersama (MoU) dengan PT Semen Grobogan (SG) dalam rangka pengembangan potensi daerah di pendapa kabupaten, Kamis (5/9/2019). Hadir dalam acara ini, pimpinan FKPD, Presdir PT SG Gautama dan jajaran direksi serta sejumlah pejabat terkait.

Adapun maksud dan tujuan kesepakatan bersama ini adalah sebagai ikatan pendahuluan atas pelaksanaan kerjasama dalam rangka pengembangan potensi daerah di Kabupaten Grobogan serta untuk menciptakan sinergi usaha dengan prinsip saling menguntungkan dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki masing-masing pihak.

Bupati Grobogan Sri Sumarni berharap agar pabrik semen milik PT Semen Grobogan (SG) sudah bisa beroperasi pada akhir tahun 2020 mendatang, sesuai komitmen yang sudah disampaikan sebelumnya. Menurut bupati, pembangunan pabrik semen di wilayah Kecamatan Tanggungharjo itu sudah dinanti-nanti masyarakat sejak 1990 lalu. Namun, realisasi pembangunan pabrik baru bisa dimulai pada tahun 2017 lalu.

“Sekarang ini, progres pembangunan pabriknya sudah sekitar 60 persen. Semoga akhir tahun ini sudah bisa beroperasi,” jelasnya.

Dengan beroperasinya pabrik semen maka banyak dampak positif yang didapatkan. Antara lain, penyerapan tenaga kerja dalam jumlah besar dan meningkatnya roda perekonomian masyarakat sekitar.

Dalam rangka mendukung operasional pabrik semen, Pemkab Grobogan akan melakukan komunikasi dengan Pemprov Jateng untuk melebarkan ruas jalan raya Tegowanu-Kapung. Pelebaran diperlukan untuk mempermudah akses kendaraan operasional karena lokasi pabrik semen berada di pinggir jalan raya tersebut.

“Ruas jalan itu statusnya milik provinsi. Nanti akan kita bantu komunikasikan ke Gubernur,” jelasnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Semen Grobogan Gautama dalam sambutannya mengatakan, pndirian pabrik sudah dimulai sejak 2017 dan rencanannya akan mulai produksi pada akhir 2020.

“Pada akhir 2020, kami akan mulai memperkenalkan produk. Kami gunakan nama Grobogan pada Semen Grobogan sebagai wujud terimakasih pada daerah ini,” katanya.