Bupati Grobogan Sri Sumarni mengapresiasi acara pameran dan festival literasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan. Hal itu diungkapkan bupati saat membuka pameran dan festival literasi yang dilangsungkan di alun-alun Purwodadi, Selasa (29/10/2019). Bupati mengaku sangat senang dan bangga dengan hasil karya yang ditampilkan oleh para peserta pameran dan festival literasi tersebut yang dinilai sangat kreatif dan inovatif.

“Untuk memajukan literasi memang harus punya kreatifitas seperti ini. Kegiatan seperti ini patut kita apresiasi. Saya berharap melalui pameran dan festival ini bisa meningkatkan budaya membaca,” katanya.

Menurutnya, budaya membaca dikalangan masyarakat termasuk pelajar, sejauh ini memang belum menggembirakan. Untuk itu perlu dorongan banyak pihak untuk meningkatkan minat baca. Selain itu perlu pula pemahaman yang lebih pada masyarakat tentang pentingnya membaca.

“Banyak tokoh besar dunia menyatakan jika membaca adalah jantungnya pendidikan. Oleh sebab itu, supaya masyarakat tambah pandai dan banyak pengetahuan biasakanlah membaca. Sebab, melalui kebiasaan ini akan banyak manfaat yang bisa didapat,” imbuh bupati.

Sementara itu, Kadinas Pendidikan Grobogan Amin Hidayat menyatakan, festival edisi kedua ini rencananya akan digelar selama empat hari, hingga Jumat (1/11/2019). Dalam kegiatan ini, terdapat 34 stand. Terdiri 19 stand jenjang SD dari 19 kecamatan, 10 stand jenjang SMP dan lima stand umum. Kemudian, ada stand Asosiasi Guru Penulis Grobogan yang diisi buku-buku hasil karya para guru.

Selain pameran hasil karya, dalam kegiatan ini juga digelar berbagai lomba. Seperti lomba karawitan, geguritan, menulis cerita rakyat, dan pentas seni.