Pemerintah Kabupaten Grobogan berhasil meraih penghargaan Best Smart Environment dalam Evaluasi dan Expo Gerakan Menuju 100 Smart City. Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Dirjen Aplikasi Informatika Samuel Abrijani Panjerapan kepada Kepala Diskominfo Kabupaten Grobogan Wiku Handoyo di Balai Sudirman Jakarta Rabu, 6 November 2019.

Inovasi aplikasi smart Bank Sampah berhasil mengantarkan Kabupaten Grobogan meraih penghargaan Smart Environment. Inovasi aplikasi Bank Sampah Kabupaten Grobogan ditujukan untuk mempermudah pencatatan transaksi operasional Bank Sampah se Kabupaten Grobogan.

Saat ini terdapat 215 unit bank sampah, 91 unit diantaranya aktif beroperasi. Pencatatan transaksi bank sampah unit dilaksanakan oleh pengurus di masing-masing unit Bank Sampah melalui aplikasi yang beralamat di http://banksampah.grobogan.go.id.

Akumulasi sampah yang terkumpul akan dipantau oleh Bank Sampah Induk Bersemi yang berkantor di kantor Dinas Lingkungan Hidup sekaligus mengirim armada untuk mengambil sampah yang ditampung oleh Bank Sampah Unit. Sampah yang diangkut kemudian dikumpulkan di gudang Bank Sampah Induk yang berlokasi di Nglejok. Rekapitulasi data yang terkumpul kemudian menjadi bahan penawaran untuk pembeli sampah dalam jumlah besar seperti PT Pura Barutama, Sosro dan lainnya                       

Berikut ini adalah daftar pemenang penghargaan Smart City dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI
1.Smart Governance : Kota Semarang
2.Smart Branding : Kabupaten Jember
3.Smart Economy : Kota Denpasar
4.Smart Society : Kabupaten Bojonegoro
5.Smart Living : Kabupaten Sleman
6.Smart Environment : Kabupaten Grobogan.