Satu warga Grobogan kembali terkonfirmasi positif virus corona atau Covid-19 berdasarkan hasil uji swab yang diterima dinas terkait hari ini, Senin (18/5/2020). Bertambahkan satu kasus positif corona terbaru ini disampaikan Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Grobogan Endang Sulistyoningsih saat jumpa pers di pendapa kabupaten, Senin (18/5/2020).

“Pasien terbaru adalah seorang perempuan berusia 21 tahun dari Kecamatan Karangrayung. Saat ini, pasien tersebut masih menjalani perawatan di RSUD Purwodadi. Pasien ini dalam kondisi hamil sekitar tujuh bulan,” kata Kepala BPBD Grobogan itu.

Dengan tambahan satu pasien ini maka total kasus positif Covid-19 di Grobogan sudah ada 16 orang. Rinciannya, sepuluh sembuh, tiga meninggal, dan tiga orang masih dirawat di rumah sakit.
Untuk dua pasien dalam perawatan lainnya adalah pria umur 56 tahun dari Kecamatan Grobogan yang masih menjalani perawatan di RSUD Ki Ageng Selo Wirosari. Kemudian, pria berumur 46 tahun dari Kecamatan Pulokulon yang dirawat di RSPAW Salatiga.

Kepala Dinas Kesehatan Grobogan Slamet Widodo menambahkan, pasien terbaru ini diduga terpapar corona karena transmisi lokal dari pasien sebelumnya. Hal itu dimungkinkan karena di kampung yang bersangkutan, sebelumnya ada lima orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Meski demikian, kelima orang itu sudah dinyatakan sembuh bersamaan pada 11 Mei 2020 lalu.

“Yang bersangkutan ini sebelumnya sempat kontak erat dengan salah satu pasien positif Covid-19 sebelumnya karena tetangga dekatnya. Jadi, kemungkinannya tertular dari situ. Soalnya, pasien terbaru ini tidak ada riwayat perjalanan dari luar daerah,” jelasnya.

Slamet menambahkan, pihaknya selanjutnya akan melakukan tracking dan rapid test terhadap orang yang pernah kontak erat dengan pasien ini. Terutama adalah suaminya dan kerabat dekatnya.