Bupati Grobogan Sri Sumarni secara resmi membuka tahapan uji kompetensi seleksi terbuka untuk pengisian sembilan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama. Pembukaan uji kompetensi ini dilakukan secara virtual dari ruang kerja bupati, Senin (8/6/2020).

Untuk para peserta seleksi terbuka dan sejumpah panitia mengikuti prosesi pembukaan uji kompetensi yang dilanjutkan dengan gladi bersih di gedung Riptaloka, Setda Grobogan. Sebelum masuk ruangan, para peserta maupun panitia harus memakai masker, serta cuci tangan pakai hand sanitizer dan dicek suhu tubuhnya oleh petugas dari dinas kesehatan yang dilibatkan untuk memastikan acara itu berjalan dengan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan itu, ikut hadir pula secara virtual, Sekretaris Daerah Grobogan Moh Sumarsono, Kepala BKPPD Padma Saputra, perwakilan dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta dan Kantor Regional I Badan Kepagawaian Nasional (BKN) Yogyakarta.

Bupati Sri Sumarni menyatakan, seleksi terbuka dilakukan menyusul sudah turunnya izin dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Mendagri untuk pelaksanaan pengisian JPTP tersebut. Yakni, jabatan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakan Daerah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Kemudian, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Kepala Dinas Sosial, dan Direktur RSUD dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi.

“Kekosongan jabatan ini disebabkan pejabat lama mutasi serta pensiun dan selama ini diisi oleh pelaksana tugas. Oleh sebab itu, kekosongan itu perlu kita isi agar roda pemerintahan bisa lebih maksimal,” kata bupati.

Dijelaskan, tahapan seleksi terbuka sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu dan totalnya ada 32 orang yang melamar. Dari jumlah tersebut, sebanyak 31 pelamar dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Bagi pelamar yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti tahapan selanjutnya. Yakni, uji kompetensi yang dijadwalkan hari Selasa dan Rabu tanggal 9-10 Juni 2020 di gedung Riptaloka, Setda Grobogan mulai pukul 08.00 WIB.

”Pelaksanaan uji kompetensi seleksi terbuka JPT Pratama kali ini beda dengan sebelumnya karena dilakukan secara online,” imbuhnya.