Setelah tertunda akibat pandemi Covid-19, anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pelaksanaan Pilkada Grobogan 2020 akhirnya dilantik, Senin (15/6/2020). Meski demikian, pelantikan kali ini diselenggarakan di tiap-tiap kecamatan. Pada edisi sebelumnya, pelantikan PPS dan PPK dilakukan dalam satu titik sekaligus

Komisioner KPU Grobogan MP Joko Widodo mengatakan, pelaksanaan pelantikan PPS di 19 kecamatan semuanya dilakukan pada hari ini. Untuk teknis pelantikan ada di masing-masing kecamatan (PPK).

“Sebelumnya, pelantikan PPS se-kabupaten memang kita lakukan sekaligus pada satu lokasi. Untuk kali ini berbeda pelaksanaannya. Hal ini kita lakukan agar bisa memenuhi protokol kesehatan sesuai penanganan Covid-19,” kata Joko, usai melantik anggota PPS Kecamatan Purwodadi yang diselenggarakan di aula kantor Kecamatan Purwodadi, Senin (15/6/2020).

Menurut Joko, jumlah keseluruhan anggota PPS di 280 desa/kelurahan untuk pelaksanaan Pilkada yang dijadwalkan 9 Desember 2020 sebanyak 840 orang. Tiap-tiap desa/kelurahan ada tiga anggota PPS.

Pada pelantikan anggota PPS ini, Joko mendapat tugas melantik di wilayah dapil I yang terdiri dari Kecamatan Purwodadi, Toroh, dan Geyer. Sedangkan ketua dan tiga komisioner mendapat tugas serupa di dapil lainnya.