Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Grobogan Endang Sulistyoningsih kembali meminta masyarakat untuk makin disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan. Yakni, memakai masker, menjaga jarak serta rajin mencuci tangan pakai sabun. Hal itu disampaikan seiring makin meningkatnya penambahan kasus positif virus corona atau Covid-19 di Grobogan dalam sepekan terakhir.

Endang menjelaskan, pada hari ini, Selasa (16/6/2020), ada 14 orang yang terkonfirmasi positif terpapar corona berdasarkan hasil uji swab yang diterima dinas terkait. Dengan ada tambahan 14 kasus baru hari ini maka total sudah ada 52 kasus positif Covid-19 di Grobogan. Rinciannya, sembilan meninggal, 14 sembuh dan 29 dirawat.

Menurutnya, dari 14 kasus terbaru itu, lima orang diantaranya adalah balita yang semuanya dirawat di RSUD Purwodadi. Yakni, anak laki-laki usia satu tahun dari Kecamatan Toroh, anak laki-laki usia dua tahun dari Kecamatan Ngaringan, dan anak perempuan usia tiga tahun dari Kecamatan Karangrayung. Dua lagi adalah bayi laki-laki usia dua bulan dari Kecamatan Ngaringan dan bayi perempuan usia satu bulan dari Kecamatan Karangrayung.

Selanjutnya, dua pasien terbaru berikutnya berasal dari Kecamatan Gubug. Yakni, perempuan usia 21 tahun, dan pria berusia 45 tahun yang dirawat di RSUD Ki Ageng Getas Pendowo Gubug. Kemudian, dua pasien lainnya adalah seorang tenaga medis perempuan usia 35 dari Kecamatan Purwodadi dan perempuan usia 57 tahun dari Kecamatan Karangrayung yang dirawat di RSUD Purwodadi.

Untuk lima kasus positif corona lainnya, orangnya sudah meninggal dunia beberapa hari lalu. Kelimanya berstatus PDP dan menjalani perawatan di RSUD Purwodadi. Sebelum meninggal, kelima pasien ini sudah sempat diuji swab dan hasilnya baru keluar hari ini.

“Jadi, dari 14 kasus positif Covid-19 hari ini, lima orang diantaranya sudah meninggal dunia. Dengan demikian, masih ada sembilan orang yang dirawat. Dari sembilan ini, lima orang balita dan empat orang usia dewasa hingga orang tua,” katanya didampingi Kepala Dinas Kesehatan Grobogan Slamet Widodo saat jumpa pers di kantor BPBD Grobogan.

Ia menambahkan, untuk pasien positif yang meninggal itu adalah pria 61 tahun dari Kecamatan Penawangan, Pria 60 tahun dari Kecamatan Gabus, pria 43 tahun dari Kecamatan Toroh. Dua lainnya adalah perempuan usia 50 tahun dari Kecamatan Brati, dan perempuan usia 51 tahun dari Kecamatan Penawangan.