Para pelamar seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama kembali menempuh tahapan berikutnya. Yakni, menjalani uji gagasan dan wawancara yang dilangsungkan di ruang rapat Wakil Bupati Grobogan. Pelaksanaan uji gagasan dan wawancara ini dilaksanakan hari Jumat dan Sabtu, 19-20 Juni 2020.

Ada lima orang yang jadi penguji dalam tahapan ini. Yakni, Sekretaris Daerah Grobogan Moh Sumarsono yang menjabat sebagai Ketua Pansel pengisian JPT Pratama. Berikutnya, Kepala Kantor Regional I BKN Yogyakarta Anjaswari Dewi, Tuhana dari akademisi UNS Surakarta, Anwar Hamdani dari akademisi AUB Surakarta, dan Asisten III Pemkab Grobogan Muchamad Chanif.

Pelaksanaan uji gagasan dan wawancara pada hari pertama diperuntukkan bagi pelamar untuk posisi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakan Daerah.

Kemudian, pelaksanaan uji gagasan dan wawancara pada hari kedua diperuntukkan bagi pelamar Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Direktur RSUD dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi.

Sekda Moh Sumarsono menyatakan, seleksi terbuka dilakukan menyusul sudah turunnya izin dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Mendagri untuk pelaksanaan pengisian sembilan JPT Pratama yang saat ini kosong. Dalam seleksi terbuka ini, total pelamar yang lolos seleksi administrasi ada 31 orang.

“Kekosongan jabatan ini disebabkan pejabat lama mutasi serta pensiun dan selama ini diisi oleh pelaksana tugas. Oleh sebab itu, kekosongan itu perlu kita isi agar roda pemerintahan bisa lebih maksimal,” katanya.