Bupati Sri Sumarni menyatakan, Pemkab Grobogan selama ini cukup terbantu dengan adanya kegiatan TMMD yang dilakukan jajaran TNI, yakni dari pihak Kodim 0717/Purwodadi. Hal itu disampaikan bupati saat mendampingi kunjungan kerja Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat (Irjenad) Letjen TNI Mochamad Effendi dan rombongan di lokasi TMMD di Desa Tambakselo, Kecamatan Wirosari, Senin (27/7/2020).

Menurut bupati, melalui program TMMD terbukti mampu membantu mewadahi dan mewujudkan aspirasi kepentingan masyarakat di daerah pedesaan. Oleh karena itu, peran dan kerjasama yang erat, intensif dan sinergis antara TNI dan pemkab serta dukungan partisipasi aktif masyarakat merupakan kunci penentu bagi keberhasilan dan kelancaran penyelenggaraan TMMD.

“Pemkab Grobogan selama ini sangat terbantu dengan adanya program TMMD ini. Demikian pula, masyarakat setempat juga ikut berperan aktif menyukseskan setiap kegiatan TMMD yang dilakukan selama ini,” ujarnya.

Bupati menegaskan, sejauh ini, program TMMD dinilai telah banyak memberikan manfaat pelajaran berharga bagi masyarakat. Terutama, akan arti petingnya gotong royong.

“TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga mengenai pentingnya semangat gotong royong dalam membangun bangsa. Dalam kegiatan TMMD ini, semua pihak bahu-membahu memberikan sumbangan pikirian, ide, gagasan, tenaga dan keterampilan serta materi dan kebendaan dan lainnya,” ujar bupati.

Ia menambahkan, program TMMD dinilai mampu menyejahterakan masyarakat desa tanpa meninggalkan kearifan lokal setempat.

“Lewat TMMD ini, kondisi desa menjadi lebih maju. Fasilitas pelayanan masyarakat menjadi lengkap. SDM semakin berkualitas, mandiri, spiritualitas tinggi, kreatif, inovatif, serta berkarakter,” tambahnya.