Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Grobogan membagikan 7 ribu lembar kepada warga masyarakat pada Rabu (19/08/2020). Kegiatan tersebut untuk mendukung Gerakan Bersama Pakai Masker (Gebrak Masker) yang diprakarsai oleh Presiden Joko Widodo. Sebagai tindak lanjutnya Ketum TP-PKK Tri Tito Karnavian melepas Gebrak Masker bersama seluruh kader TP-PKK se-Indonesia dengan melalui Kegiatan Kampanye Hidup Sehat Melalui Budaya Memakai Masker "Gebrak Masker".

Program Gebrak Masker sebagai bentuk konkret dalam mengatasi penularan Covid-19. Keputusan Presiden Jokowi dinilai sangat tepat dalam memberikan arahan langsung kepada PKK untuk sosialisasikan dan membagikan masker kepada masyarakat. Pasalnya, program tersebut akan menjangkau banyak masyarakat karena keberadaan kader PKK ada di seluruh wilayah Indonesia.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Grobogan, Sri Hartattik Suhadi, mengatakan pihaknya menyiapkan 7 ribu masker yang didistribusikan melalui TP PKK kecamatan masing-masing. Masker juga dibagikan oleh TP PKK Kabupaten Grobogan kepada masyarakat di area publik, seperti di Pasar Pagi ; jalan umum, dan rumah – rumah warga. “Saya menghimbau agar warga yang keluar rumah membiasakan diri untuk mengenakan masker guna menuju kebiasaan normal baru ,” jelasnya.

Selain membagikan masker, pihaknya juga melakukan kampanye protokol kesehatan pada era tatanan hidup normal baru demi mencegah penyebaran Covid-19. “Secara serentak kader-kader kami akan membagikan masker ke seluruh penjuru Grobogan ,” katanya. Ia juga berharap, masyarakat semakin sadar untuk melindungi diri dan tidak menulari orang lain dengan cara tertib menggunakan masker ketika berada di area-area publik.

Gerakan Bersama Bagi Masker (Gebrak Masker) yang dilaksanakan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Grobogan demi mencegah penyebaran Covid-19 mendapat apresiasi dari Bupati Grobogan "Gerakan dan program serta kebijakan TP PKK untuk ikut membantu mensosialisasikan dan membagikan masker di wilayah Grobogan sangat perlu didukung dan diapresiasikan sebagai bentuk konkret dan nyata guna membantu pemerintah menangani Covid-19," ujarnya. ( Kontributor : Kadarwati/Diskominfo Grobogan )