KPU Kabupaten Grobogan mulai melaksanakan tahapan pendaftaran Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati untuk pelaksanaan Pilkada 2020 yang dimulai hari ini, Jumat (4/9/2020). Sesuai jadwal, tahap pendaftaran ini dilaksanakan dari tanggal 4 sampai dengan 6 September 2020. Hal ini berdasarkan Peraturan KPU No 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan KPU No 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Dan/ Atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

Pada hari pertama masa pendaftaran, ada satu pasangan calon yang mendaftar. Yakni, pasangan Sri Sumarni dan Bambang Pujiyanto yang melangsungkan pendaftaran sekitar pukul 15.00 WIB. Setelah dilakukan penelitian, berkas persyaratan untuk pasangan calon Sri Sumarni dan Bambang Pujiyanto dinyatakan sudah lengkap dan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan dalam dalam Peraturan KPU.

Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo mengungkapkan, pelaksanaan pendaftaran pasangan calon dilakukan dengan mempedomani Peraturan KPU No 9 Tahun 2020 tentang Perubahan Keempat atas Peraturan KPU No 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. Demi menjaga keamanan dan keselamatan maka diwajibkan untuk memperhatikan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Hal ini sesuai dengan Peraturan KPU No 10 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan KPU No 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Non Alam Covid-19.

“Dalam hal ini, untuk bakal pasangan calon, sebelum masa pendaftaran akan diminta untuk melakukan pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR),” katanya.

Agung menjelaskan, sebagai persiapan terhadap pelaksanaan tahapan pendaftaran, KPU Grobogan telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait yang akan terlibat dalam tahapan tersebut diantaranya adalah pihak atau instansi yang akan terlibat dalam tahapan pemeriksaan kesehatan pasangan calon. Yakni, Ikatan Dokter Indonesia Provinsi Jawa Tengah, HIMPSI (Himpunan Psikolog Indonesia ) Wilayah Jawa Tengah, BNN (Badan Narkotika Nasional) Provinsi Jawa Tengah, Rumah Sakit Tipe A di Jawa Tengah utk Kab. Grobogan ( RSUD Dr. Moewardi Surakarta ).

Kemudian pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak lainnya yang terkait dengan pemenuhan syarat calon.