WABUP PANTAU CBT dpnPelaksanaan Ujian Nasional (UN) online dengan sistem computer based test (CBT) dinilai bisa menghemat anggaran. Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Grobogan Icek Baskoro saat memantau pelaksanaan UN dengan CBT di SMKN 1 dan SMKN 2 Purwodadi, Senin (13/4).

“Sistem CBT ini merupakan terobosan yang sangat positif. Melalui model ujian ini bisa hemat dan praktis,” ungkap Icek didampingi Kabag Humas Ayong Mochtarom.

Menurutnya, dengan CBT diperkirakan bisa hemat anggaran hingga 80 persen. Sebab, dengan cara ini tidak perlu menyediakan kertas, alat tulis, tenaga pengawas yang banyak dan pengamanan. Selain ini, sistem CBT ini dinilai lebih terjamin.

“Untuk tahun ini, baru dua sekolah yakni SMKN 1 dan SMKN 2 Purwodadi yang bisa menyelenggarakan UN dengan CBT. Kita harapkan, tahun depan jumlah sekolah yang bisa melaksanakan UN dengan CBT makin bertambah,” ungkapnya.

Soal masih minimnya sekolah yang bisa ujian online disebabkan pesyaratannya cukup berat. Antara lain, sekolah tersebut harus memiliki komputer dengan spesifikasi teknis dan kapasitas tertentu sebanyak jumlah siswa peserta ujian. Dari verifikasi yang dilakukan, hanya ada dua sekolah yang memenuhi kriteria, yakni SMKN 1 dan SMKN 2 Purwodadi. DNA