khitanan massal dpnWakil Bupati Icek Baskoro menyatakan, program PNMP Mandiri perdesaan sejauh ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dimana, sudah banyak kegiatan yang dibiayai dari dana PNPM tersebut. Menurutnya, program PNPM yang dikelola UPK di 18 kecamatan hingga saat ini telah menghasilkan surplus Rp 51 miliar lebih. Yakni, dari dana awal sebesar Rp 42 miliar saat ini sudah menjadi sekitar Rp 94 miliar.

“Program yang dijalankan melalui PNPM ini sangat berdampak pada masyarakat. Kedepan program yang dijalankan PNMP ini bisa kita adopsi sistem pelaksanaannya,” kata wabup saat menghadiri acara bhakti sosial yang digelar Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Karangrayung, Kamis (16/4).

Menurut Wabup, program PNPM saat ini sudah berakhir. Meski demikian, tidak berarti dana bergulir yang telah dikembangkan bisa dimanfaatkan secara bebas oleh pribadi atau kelompok. Sebab, pemerintah melalui kementerian desa, PDT dan transmigrasi telah menyiapkan panduan dalam pengelolaan dana bergulir eks program PNPM. DNA