PENTAS LAWAK dpnWakil Bupati Grobogan Icek Baskoro mengaku sangat bangga dengan SMA Muhammadiyah Gubug yang dinilai sangat peduli dengan budaya warisan leluhur. Dimana, sekolah tersebut mulai tahun pelajaran 2015/2016 akan membuka kegiatan ekstrakurikuler khusus kelas seni pertunjukan.

Hal itu diungkapkan wabup saat meresmikan berdirinya SD Muhammadiyah Unggulan Gubug dan menyaksikan pentas sendratari Ramayana yang dilakukan siswa SMA Muhammadiyah Gubug (26/4). Dalam kesempatan itu, digelar pula hiburan lawak dengan bintang tamu Yati Pesek, Bagong, dan Petruk.

“Apa yang dilakukan SMA Muhammadiyah Gubug ini patut kita apresiasi dan dukung. Dengan membuka kelas seni pertunjukan ini secara tidak langsung ikut nguri-uri budaya warisan nenek moyang,” ungkap Icek.

Icek berharap kelas seni pertunjukkan nanti bisa menggarap kekayaan budaya lokal. Misalnya, dengan mengangkat situs Medang Kamulan di Kecamatan Gabus yang dulunya menjadi pusat pemerintahan Raja Aji Saka. Selain itu, ada pula kisah legenda Ki Ageng Tarub dan Ki Ageng Selo yang menjadi sesepuh raja-raja Mataram.

Acara launcing SD Muhammadiyah Unggulan dan kelas seni pertunjukan di SMA Muhammadiyah itu juga dihadiri pemerhati budaya yang juga mantan anggota DPRD Grobogan Andi Kurniawan, Camat Gubug Teguh Harjokusumo, Kepala UPTD Pendidikan Gubug Abdul Haris. Hadir pula, Kabag Umum Priyanto, Kabag Kesra Moh Arifin dan Kabag Humas Keprotokolan Ayong Mochtarom.DNA