sosialisasi dana desa dpnPemkab Grobogan mendapat kucuran dana desa sebesar Rp 80 miliar lebih untuk tahun anggaran 2015 ini. Dana sebesar ini nantinya akan disalurkan pada 273 desa yang ada di Grobogan. Hal itu terungkap dalam acara sosialisasi dana desa yang digelar di gedung SKB, Kelurahan Danyang yang dibuka Wakil Bupati Grobogan Icek Baskoro.

Kepala Bapermas Grobogan Sanyoto mengungkapkan, sesuai aturan dalam rancangan perubahan PP No 60 tahun 2014, perhitungan penyalurannya dana desa itu sudah ditentukan didalamnya. Dimana, sebanyak 90 persen dari total dana dibagi rata dulu untuk semua desa. Kemudian, sisanya 10 persen disalurkan ke semua desa tetapi besarannya tidak sama sesuai dengan klasifikasi tiap-tiap desa yang dilhat dari beberapa unsur. Antara lain, luas wilayah, kesulitan geografi, dan jumlah penduduk.

Lebih lanjut, Sanyoto menyatakan dari perhitungan yang dilakukan, besarnya dana desa paling sedikit sebanyak Rp 275 juta lebih. Sedangkan nominal dana desa tertinggi yang disalurkan sebesar Rp 335 juta lebih. Nantinya, dana itu akan langsung dimasukkan ke rekening desa masing-masing. DNA