tim penilai posyanduPosyandu Mawar Desa Candisari, Kecamatan Purwodadi jadi wakil Jawa Tengah dalam lomba tingkat nasional. Hari Selasa (19/5) kemarin, Tim penilai yang dipimpin Ketua IV TP PKK Pusat Susi Subekti melakukan kunjungan ke posyandu tersebut.

Hadir dalam penilaian itu, Ketua TP PKK Grobogan Dyah Bambang Pudjiono, Wakil Bupati Icek Baskoro beserta Istri , Assisten II Dasuki, Kepala Bapermas Sanyoto, dan Kepala Dinas Kesehatan Johari Angkasa.

Menurut Sri Subekti, dalam lomba nasional ini ada enam posyandu yang ambil bagian. Selain di Grobogan, ada pula posyandu dari Bojonegoro Jawa Timur, Bandung Barat Jawa Barat, Pesawaran Lampung, Merangin Jambi, dan Kulonprogo Yogjakarta. Tim penilai melakukan penilaian untuk menentukan tiga posyandu kriteria pakarti utama dan tiga lainnya sebagai pakarti madya.

“Penilaian ini dilakukan dengan melihat langsung inovasi-inovasi dari Posyandu tersebut. Keenam posyandu yang ikut nominasi ini sama bagusnya,” kata Susi Subekti.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Grobogan Dyah Bambang Pudjiono merasa optimis kalau Posyandu Mawar yang jadi duta Jateng dalam lomba nasional bisa meraih prestasi puncak. Keyakinan itu dilontarkan karena posyandu itu memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan lainnya.

Salah satunya adalah kelebihan dalam hal pemberian makanan tambahan (PMT) buat balita. Dimana para pengurus di posyandu itu membuat kreasi olahan dari ikan dan makanan pengganti nasi. Seperti dari bahan jagung serta singkong dan umbi-umbian yang banyak tersedia di wilayah tersebut. DNA