tmmd grob dpnBupati Grobogan Bambang Pudjiono menyatakan, sejauh ini, Pemkab merasa terbantu dengan program yang dilakukan TNI melalui kegiatan TMMD. Melalui kegiatan tersebut, hasilnya sudah banyak dirasakan masyarakat pedesaan.

Salah satunya adalah program jambanisasi yang dilakukan TNI dalam kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) sengkuyung tahap I yang dilangsungkan di Desa Rawoh, Kecamatan Karangrayung.

“Melalui program ini setidaknya bisa mengajari masyarakat untuk berperilaku hidup sehat. Meski terkesan sederhana, namun program seperti ini sangat mengena pada masyarakat,” ungkap bupati saat menghadiri penutupan TMMD Sengkuyung Tahap I, Rabu (27/5) di Lapangan Desa Rawoh.

Bupati menambahkan, selama ini hampir tiap bulan anggota TNI khususnya Kodim 0717 / Purwodadi tidak pernah istirahat dalam membantu masyarakat agar pembangunan insfrastruktur di pedesaan cepat terselesaikan.

Sementara itu, Komandan Kodim 0717/Purwodadi Letkol Inf Jaelan mengatakan pembangunan jamban itu dilakukan untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat setempat. Sebab, dengan bebas buang air besar sembarangan warga dapat terhindar dari berbagai penyakit.

“Total ada 17 jamban yang kita buatkan untuk warga. Selain itu, kami juga melakukan kegiatan lainnya seperti pengecoran jalan, dan rehab rumah tidak layak huni,” ungkap Dandim. DNA