MENTERI PUPRMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basoeki Hadimoeljono, Selasa (11/8) melakukan kunjungan kerja ke Grobogan. Kedatangan Menteri PUPR ini adalah untuk meninjau bencana kekeringan yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir dan mencarikan solusi buat warga.

Dalam kunjungannya tersebut, Menteri PUPR meninjau tiga lokasi. Yakni, Bendung Klambu, areal sawah Desa Bandungsari, Kecamatan Ngaringan dan Waduk Kedung Ombo.

“Waduk Dumpil yang selama ini mengalami sedimentasi akan kita normalisasi lagi agar bisa mengairi banyak areal persawahan. Namun, sebelumnya terlebih dahulu kita akan lihat dulu kondisi riil di lapangan,” tegasnya pada para petani di Desa Bandungsari.

Menurutnya, selama ini wilayah Grobogan dan sekitarnya mengandalkan Waduk Kedung Ombo untuk mengairi areal pertanian. Namun, gelontoran air waduk ini belum banyak menjangkau wilayah Grobogan ataupun Jawa Tengah bagian timur. Oleh sebab itu, kebutuhan air petani di wilayah ini belum bisa terpenuhi khususnya saat datang bencana kekeringan.

Ditambahkan, untuk mengatasi kekeringan salah satunya adalah membuat banyak embung. Dengan adanya embung ini setidaknya akan ada ketersediaan air buat petani di saat musim kemarau. DNA