Sekda Grobogan Sugiyanto saat menerima penghargaan KLA dari Presiden Jokowi ISTIMEWAPemkab Grobogan kembali meraih prestasi membanggakan pada tahun 2015. Yakni, seiring keberhasilan meraih penghargaan kabupaten / kota layak anak (KLA) untuk kategori pratama. Penghargaan KLA itu diterima Sekretaris Daerah Grobogan Sugiyanto dari Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Selasa (11/8).

“Pengharaan KLA ini sudah kelima kalinya didapan Pemkab Grobogan. Prestasi dibidang KLA ini boleh dibilang sangat membanggakan dan ini diraih berkat kerjasama dari berbagai pihak,” ungkap Sekda.

Dijelaskan, empat penghargaan KLA sebelumnya didapat tahun 2009, 2011, 2012 dan 2013. Penghargaan itu diberikan karena pemkab dinilai telah melakukan upaya konkret terhadap pemenuhan hak sipil anak dan adanya forum anak dari tingkat desa sampai kabupaten.

Masih dikatakan Sekda, ada beberapa kebijakan lain yang mendukung diraihnya penghargaan KLA itu. Yakni, pembangunan taman cerdas dan pembentukan peraturan Bupati Grobogan Nomor 7 Tahun 2012 tentang Perlindungan Anak. Selain itu, juga telah dibentuk lembaga perlindungan anak berbasis masyarakat desa (LPAD) dan adanya peran karang taruna dalam perlindungan anak.

"Program yang sudah ada ini akan segera kita evaluasi untuk mencapai hasil yang lebih baik lagi. Dan, kami juga berharap peran serta dari semua pihak untuk mendukung program terhadap anak-anak ini," imbuhnya. DNA