REMISISebanyak 189 narapidana yang ada di Rutan Purwodadi mendapatkan pengurangan masa hukuman atau remisi pada Hari Kemerdekaan. Penyerahan remisi dilakukan oleh Wakil Bupati Grobogan Icek Baskoro. Para pimpinan FKPD dan pejabat terkait lainnya hadir pula dalam acara yang dilangsungkan setelah pelaksanaan upacara bendera di Alun-alun Purwodadi, Senin (17/8).

Dalam kesempatan itu, wabup menyatakan, remisi itu diberikan kepada narapidana yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi dan disiplin tinggi serta telah memenuhi syarat yang sudah ditentukan. Selain remisi umum, tahun ini pemerintah juga memberikan remisi dasawarsa. Dimana, remisi khusus ini diberikan saat pemerintah memperingati sepuluh tahunan (dasawarsa) Proklamasi Kemerdekaan RI.

Kepala Rutan Purwodadi Sugandi mengungkapkan, jumlah penghuni rutan saat ini sebanyak 147 orang. Terdiri 103 narapidana dan 44 tahanan.

Untuk narapidana penerima remisi keseluruhan ada 189 orang. Rincianya, 86 orang dapat remisi umum 17 Agustus dan 103 orang dapat remisi dasawarsa 17 Agustus.

“Beberapa narapida ada yang mendapatkan dua kategori remisi sekaligus, yakni remisi umum maupun dasawarsa. Setelah dapat remisi, nantinya ada delapan narapidana yang langsung bebas,” kata Sugandi didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan Heri Dwi Siswanto. DNA