CERITA PERJUANGANMenjelang puncak peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan RI berupa upacara bendera, para pejabat dilingkup Pemkab Grobogan menggelar malam tirakatan di pendopo kabupaten. Bupati Grobogan Bambang Pudjiono didampingi para pimpinan FKPD dan para pejabat hadir dalam acara yang dilangsungkan Minggu (16/8) mulai pukul 20.00 WIB itu.

Selain itu, sejumlah tokoh masyarakat, ormas dan veteran ikut pula menghadiri malam tirakatan. Acara diawali dengan laporan dari Kepala Kemenag Grobogan Muhammad Arifin selaku ketua panitia malam tirakatan.

Dalam kesempatan itu, para undangan berkesempatan mendengarkan cerita mengenai kisah perjuangan mengusir penjajah di wilayah Grobogan. Cerita perjuangan itu disampaikan salah satu tokoh masyarakat, yakni Kolonel (purn) Iwan Supardji yang pernah menjabat jadi Dandim 0717 Purwodadi.

Menurut Iwan, meski tidak sedahsyat di kota lain, pertempuran mengusir penjajah dari Bumi Pertiwi juga terjadi di Kota Purwodadi. Dimana, pada saat itu, tentara bahu membahu dengan rakyat bertempur sekuat tenaga melawan penjajah.

“Kisah perjuangan mengusir penjajah di Grobogan ini sudah ditulis dalam buku. Buku ini saya terima ketika menjabat sebagai Dandim 0717 Purwodadi,” katanya.

Selepas acara tirakatan, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan renungan dan tabur bunga di Makam Pahlawan Kusuma Bangsa. DNA