wayange dpnPuncak acara peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan RI ditandai dengan pertunjukkan wayang kulit semalam suntuk yang dilangsungkan di halaman Setda Grobogan, Jumat malam (21/8). Dalam pagelaran wayang kulit ini menampilkan dalang kenamaan, Joko Hadiwidjoyo atau yang lebih terkenal dengan sebutan Ki Joko Edan.

Meski sudah berusia 67 tahun, namun penampilan Joko Edan masih terlihat prima. Malam itu, dalang kelahiran Jogjakarta tersebut menyuguhkan pentas wayang kulit dengan lakon Bima Bekti atau Pendowo Kumpul. Sebuah cerita yang didalamnya sarat pesan-pesan untuk berbuat kebaikan. Pertujukkan wayang juga dimeriahkan dengan penampilan pelawak lokal, Rabies dan Ceplis.

Pentas wayang kulit itu dibuka Wakil Bupati Grobogan Icek Baskoro yang ditandai dengan penyerahan wayang Bima atau Werkudara pada Ki Joko Edan. Hadir pula dalam acara itu, Ketua DPRD Sri Sumarni dan sejumlah pimpinan FKPD. Sejumlah pejabat dan anggota DPRD Grobogan ikut berbaur dengan warga menyaksikan jalannya pentas.

Dalam kesempatan itu, Wabup meminta agar Ki Joko Edan ikut membantu meningkatkan kemampuan dalang lokal di Grobogan. Hingga saat ini potensi dalang yang tergabung daam wadah Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Grobogan masih bisa ditingkatkan. Selama ini, dalang-dalang lokal itu masih mendapatkan kesempatan tampil rutin dalam ajang pentas wayang kulit di pendopo kabupaten yang digelar tiap malam Jumat Kliwon.

“Kemampuan dalang lokal ini sebenarnya cukup bagus. Dengan tambahan ilmu dari dalang kenamaan seperti Pak Joko Edan, saya optimis kemampuan dalang lokal ini nanti bakal bertambah pesat dan lebih dikenal pecinta wayang kulit,” kata wabup. DNA

wayange

wayange2