Djoko UdjiantoAlokasi dana desa pada tahun 2016 mendatang yang disalurkan ke Kabupaten Grobogan dipastikan bakal naik. Kepastian itu disampaikan anggota DPR RI Djoko Udjianto saat melangsungkan sosialisasi empat pilar di pendopo kabupaten, Sabtu (4/10).

Menurutnya, alokasi dana desa tahun depan dianggarkan Rp 46,9 triliun. Dengan alokasi sebanyak ini, desa-desa termasuk di Grobogan, bisa menerima kucuran berkisar Rp 600 juta per desa.

“Tahun ini, alokasi dana desa besarnya Rp 16,5 triliun. Tiap desa dapat alokasi dana desa sekitar Rp 250 juta pada tahun 2015 ini,” ungkap anggota Komisi I DPR RI.

Acara sosialisasi empat pilar tersebut dibuka Wakil Bupati Grobogan Icek Baskoro. Selain Djoko, Kepala Badan Kesbangpolinmas Grobogan Yudi Sudarmunanto juga dilibatkan sebagai narasumber. Sekitar 150 kepala desa ikut hadir dalam acara tersebut. Terlihat pula, Kabag Pemerintahan Desa Pemkab Grobogan Daru Wisakti. Hadir pula, anggota DPDR Grobogan yang berasal dari Partai Demokrat.

Dikatakan Djoko, secara bertahap, alokasi dana desa akan terus ditingkatkan. Sehingga diharapkan, tiap desa nantinya bisa dapat kucuran dana hingga Rp 1 miliar. Dengan bertambahkan dana desa maka pembangunan di desa-desa diharapkan bisa meningkat pesat.

Sementara itu, Wakil Bupati Grobogan Icek Baskoro berharap agar penggunaan dana desa dilakukan sesuai aturan yang sudah ditetapkan. Dia meminta, agar semua pihak ikut mengawasi penggunaan dana desa untuk memastikan agar pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan. DNA