transs dpnPara calon transmigran yang akan diberangkatkan tahun ini mendapat serangkaian pembekalan dan pelatihan di Gedung Transito Purwodadi. Selama sepekan, 19 hingga 24 Oktober, mereka akan mendapatkan beragam pengetahuan sebagai bekal hidup di daerah tujuan. Pelatihan tersebut diikuti 20 KK calon transmigran.

Kepala Dinsosnakertrans Andung Setiyoso menyatakan, dari 20 KK yang ikut pelatihan, sebanyak 5 KK nantinya akan ditempatkan di daerah Ayu Melingo, Gorontalo. Kemudian, 5 KK lagi di Satai Lestari SP3, Kabupaten Tanjung Utara, Kalimantan Barat. Selanjutnya, 5 KK di UPT Keliling Semulung, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

“Yang sudah dapat kepastian berangkat transmigrasi baru 15 KK. Sedangkan untuk 5 KK lagi masuk daftar tunggu tetapi kita sertakan pula dalam pelatihan ini,” ungkap Andung melalui Kabid Transmigrasi Hadi Purmiyanto.

Dijelaskan, ada beragam materi yang disampaikan pada calon transmigran. Antara lain, bidang pertanian, peternakan, pertukangan, kesehatan, aturan / kebijakan transmigrasi dan bimbingan mental keagamaan.

Selain itu, peserta juga dibekali pengetahuan mengenai kondisi tempat tujuan berikut budaya dan tradisi masyarakat setempat.

Mengenai rencana keberangkatan ke daerah tujuan transmigran, Hadi menyatakan belum berani memastikan. Sebab, pihaknya masih menunggu surat perintah pemberangkatan (SPP) terlebih dahulu dari pusat. DNA