haji pulang dpnSeluruh rombongan jamaah haji Grobogan yang terbagi dalam dua kloter, Selasa (20/10) kembali pulang ke tanah air. Meski demikian, kepulangan dua kloter itu tidak berlangsung dalam waktu bersamaan.

Untuk kloter 56 tiba lebih dulu di pendopo kabupaten sekitar pukul 15.00 WIB. Kemudian, jamaah kloter 57 tiba di tempat yang sama pukul 22.00 WIB. Kedatangan dua kloter jamaah haji itu disambut Wakil Bupati Grobogan Icek Baskoro.

Dari 528 jamaah haji, hanya 525 orang yang pulang. Tiga jamaah lainnya, meninggal di Makkah ketika menunaikan ibadah. Dua jamaah yang meninggal berasal dari kloter 56 dan satu lagi dari kloter 57.

Menurut Wabup, secara keseluruhan, rangkaian pelaksanaan ibadah haji dinilai sudah cukup baik. Yakni, mulai kegiatan pembekalan, pemberangkatan hingga pemulangan. Meski demikian, hendaknya pihak kemenag tetap melakukan evaluasi terhadap kemungkinan adanya kekurangan atau keluhan yang disampaikan jamaah.

“Proses kepulangan jemaah kloter 56 maupun 57 hari ini juga cukup lancar berkat kesigapan panitia dan petugas keamanan yang melakukan lankah antisipasi dengan baik. Kepada para jemaah saya ucapkan selamat datang dan semoga jadi haji mabrur,” katanya. DANI AGUS