traktor wabuup dpnWakil Bupati Grobogan Icek Baskoro meminta para petani untuk membantu program pemerintah dalam menciptakan swasembada pangan nasional. Caranya, dengan berupaya untuk terus meningkatkan produksi atau hasil panen. Hal itu disampaikan saat menyerahkan bantuan peralatan pertanian pada petani di Kantor Dinas Pertanian TPH, Senin (26/10).

Menurutnya, pada tahun ini Grobogan dapat prestasi juara nasional dalam bidang upaya khusus ketahanan pangan. Atas prestasi ini, para petani mendapatkan banyak bantuan peralatan pertanian dari kementerian pertanian agar hasil panen bisa terus ditingkatkan. Seperti hand traktor, traktor roda empat, pompa air, dan mesin tanam padi.

“Selain itu, bantuan pembuatan sarana dan prasarana pertanian juga banyak kita dapat. Antara lain, pembangunan jaringan irigasi maupun jalan usaha pertanian,” ungkap Wabup .

Adanya bantuan peralatan tersebut akan mempercepat pengolahan tanah buat persiapan musim tanam. Dengan demikian, waktu yang diperlukan untuk persiapan bisa lebih singkat dibandingkan dengan memakai alat pengolah sawah saat ini.

“Saya harapkan dengan adanya bantuan peralatan ini, secara tidak langsung bisa meningkatkan produksi hasil pertanian. Tolong bantuan peralatan ini dimanfaatkan dan dirawat dengan baik,” pesannya.

Ditambahkan, selama ini, ada bebera komoditas pertanian yang jadi andalan. Yakni, padi, jagung dan kedelai. Khusus untuk komoditas jagung, hasil produksinya paling tinggi di Indonesia.

Sementara itu, Kabid Sarana dan Prasarana Dipertan TPH Grobogan Tri Retno Indriati menambahkan, pada tahun ini memang banyak bantuan peralatan yang disalurkan pada petani. Antara lain, 121 unit pompa air, 118 hand traktor, 6 traktor roda empat, dan 35 mesin tanam padi atau transplanter. DNA