SELAMAT tpadKepala Kejaksaan Negeri Purwodadi Abdullah, Senin (27/10) melakukan pelantikan Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D). Personil TP4D yang dilantik ada 8 orang.

Untuk posisi ketua TP4D dijabat Kasi Intelijen Sri Wishnu Respati didampingi Kasi Datun Sri Lestari Widiastuti sebagai Wakil Ketua dan jaksa fungsional Suryo Kadargo sebagai sekretaris. Sedangkan anggota TP4D diisi Kasi Pidsus Askari, Kasi Pidum Rully Trie Prasetyo dan tiga orang jaksa fungsional. Yakni, Teguh Sukemi, Djohar Arifin, dan Sudarmanto.

Dalam kesempatan itu, Kajari menyatakan, tugas TP4D dinilai mulia dan cukup berat karena membantu pemerintah daerah dan mencegah adanya kerugian negara dari proyek pembangunan yang dilakukan. Menurutnya, pembentukan TP4D ini salah satu latar belakangnya adalah munculnya ketakutan dan kekhawatiran dari penitia lelang terhadap aparat penegak hukum. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab rendahnya penyerapan anggaran di berbagai daerah.

“Tugas TP4D ini memang membantu mengawasi proyek pembangunan mulai dari proses awal. Jika prosedurnya sudah benar dan sesuai aturan maka tidak perlu takut bakal terjerat masalah hukum. Sebaliknya, jika sudah didampingi TP4D, pelaksanaannya tetap dijalankan tidak sesuai aturan maka nanti Kasi Pidsus yang akan bergerak,” sambungnya. DNA